Kamis, 17 Februari 2011

Meningkatkan Daya Ingat Otak



Otak adalah salah satu organ tubuh yang paling rumit. Mengatur dan membuat kita untuk berpikir bergerak, merasakan, melihat, mendengar dan mencium bau sesuatu. Otak juga berfungsi untuk mengendalikan tubuh, menerima informasi, menganalisinya dan menyimpan informasi dalam ingatan kita.
Orang yang memiliki daya ingat yang kuat memiliki suatu kebiasaan yang tidak akan dilewatkan setiap harinya. Melindungi dan mempertahankan kemampuan otak itu ternyata sangat mudah yatu dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bermanfaat dan mengubah pola hidup yang tidak baik. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menguatkan ingatan kita, yaitu:
1.       Ubah rutinitas
Jika biasanya kita selalu menggunakan jalan yang sama untuk pergi ke sebuah tempat, lain kali gunakanlah jalan yang lain. Saat kita melakukan sesuatu yang lain dari biasanya, pikiran kita akan waspada dan memberikan perhatian yang lebih pada apa yang terjadi di sekitar kita.
2.       Belajar dengan cara sendiri
Setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda. Ada yang melalui metode visual ataupun metode audio. Jika kita terorientasi untuk melihat maka kita akan lebih cepat menerima pelajaran melalui video, sedangkan bagi mereka yang bisa mendengar lebih baik akan lebih cepat menerima pelajaran dengan cepat bila menggunakan metode audio. So, make your own way  !
3.       Berlatih
Latihan yang benar akan membuat sempurna. Semakin sering kita mengulas sesuatu dalam pikiran, semakin dalam informasi yang akan disimpan dalam memori kita. Ingat jangan pernah putus asa dalam berlatih, seperti kata peribahasa sunda cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi legok, maksudnya adalah jika kita berlatih terus, lama-lama kita menjadi bisa.
4.       Perhatikan dengan baik
Perlu beberapa menit bagi otak untuk memproses informasi baru dan menyimpannya dalam ingatan . Saat kita belajar sesuatu yang baru, usahakan jangan sampai teralihkan oleh gangguan yang akan menghalangi proses ini.
5.       Selalu membuat catatan
Data yang masuk ke otak ada yang bersifat permanen atau sementara, bisa direkam bisa juga tidak. Catatan bisa mengatasi jika sewaktu-waktu kita lupa sesuatu. Jadi buatlah catatan untuk meningkatkan kemampuan ingatan otak hingga 20%.
6.       Menonton televisi kurang dari satu jam sehari
Mereka yang punya daya ingat yang kuat lebih sering membaca dibanding menonton ‘kotak sihir’ itu. Selain dapat merusak mental dan pola pikir, membuat kita menjadi malas, televisi juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. 
7.       Membaca bacaan secara teratur
Kita bisa membaca koran, komik, novel, atau buku lainnya. Dengan membaca, otak akan dilatih untuk menerka dan berpikir apa yang akan terjadi. Membaca juga bisa menambah perbendaharaan kata.
8.       Berolahraga
Olahraga banyak sekali keuntungannya. Diantaranya adalah meningkatkan volume otak dan cairan putih yang menghubungkan setiap sel saraf manusia, menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, dan lain-lain. Dengan badan kita yang sehat, tentu kita akan  dapat menerima pelajaran lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar